Menggila di Sinciapo!

9 Jun

Gue. sangat. suka. negara. Singapura.

Entah kenapa semenjak gue kesini tahun 2010, semacam ketagihan untuk datang lagi dan lagi ke negara ini. Minimal setahun sekali gue berkunjung, kerja maupun liburan. Tempat yang dikunjungi juga relatif sama, walau selalu ada yang baru sih – satu lah minimal. Tempat makan biasanya. =))

Tiket perjalanan ke Kamboja ini emang rada ribet. Pergi lewat Malaysia, pulang lewat Singapura. But hey, none of us complaining though. Its Singapore, tiny place with lots of surprises. Let’s explore it!

Tiba di Changi, gue – Donal – Ojie langsung mencar. Mereka ke Sentosa, sedangkan gue ke penginapan. Kenapa?

Karena gue mau belanja kakaaaa.. Hehehehehe. Yep betul, niat gue sudah bulat dari Jakarta kalau gue membolehkan diri gue untuk menggila di Sinciapo. Uda puasa belanja dari tahun lalu, berencana mau bayar lunas di sini.

Gue memang bukan fans wahana bermain seperti Sentosa atau Universal Studio. Sekali saja cukup untuk memuaskan rasa penasaran, setelah itu…emoh. I’m one of the people whose not being amused at the amusement park. Judge me then. =))

Tidak hanya mencar, gue bahkan tidak satu penginapan dengan Donal & Ojie karna gue memutuskan untuk extend 2 hari. Beruntungnya gue ditemenin oleh Fendry yang dateng dari Jakarta selama extend ini. Lumayan ada tukang panggul belanjaan. Hohoho…

Dimanakah gue biasanya belanja? Standar koq tempat-tempat ini kaka…

1. Orchard – Somerset

Yep, cliche as it gets. I still think Orchard area is the best place to shop at Singapore. Masih merasa skeptis? Hehe.. Jadi gini, gue itu suka blanja di area Orchard, tapi bukan di butik Prada, LV, Bottega dkk. Harapan sih bisa menggila disitu, apa daya kartu kredit aja ga sanggup digesek disitu. *dapet-salam-dari-limit-CC* =))

Pernah gak jalan-jalan di area bawah tanah Orchard? Yang nyambungin antara ION, Takashimaya dan Tangs itu loh… Banyak banget butik-butik yang jual barang lokal kualitas cihuy dengan harga ciamik. Gue beli wedges coklat lutju dengan harga setengah Charles & Keith tapi kualitas lebih baik. Merknya? Heatwave. Dan masih banyak lagi, gue sampe bisa keblinger dibawah situ. Gak boleh de gue sendirian disitu, bisa kalap dan lupa pulang ke Indo. =D

Eh, H&M uda buka loh di Sinciapo. Uhuk!

2. Far East Plaza

Ini masih deket dari Orchard, pas sebelah Grand Hyatt hotel. Mirip ITC, tapi barangnya lumayan lutju-lutju terutama untuk sepatu. Harga? Mulai dari SGD 12 deh. Aduh emakkk…tolonggg…beri aku uang! *diinjek-emak*

3. Anchorpoint Mall

Nah ini nehh… tempat outlet brand-brand premium menengah macem Charles & Keith, Levi’s, Pedro dkk. Letaknya pas di sebrang Ikea Alexandra Rd. Terserah aja lo mo muter2 Ikea dengan jaminan minimal lo beli barang lucu yang-pas-nyampe-Jakarta-gak-tau-mau-diapain atau muter di Anchorpoint membeli barang yang-dipakainya-entah-kapan-tapi-tagihan-kartukreditnya-dateng-duluan. Your choice. hihihi…

4. Tekka Mall

Letak mol ini pas di MRT Little India. Bagi yang suka baju etnik ataupun berhijab, cucok ni tempat untuk menggila. Gue yang ga begitu demen baju etnik (lebih karna gue makin keliatan bulet) akhirnya kepincut beli celana ala-ala India dengan harga SGD 6. Ciamik kannn??

5. City Plaza

Tempat ini pe-er bener kesononya. Maklum rada jauh euy dari pusat kota, tapi klo nginep daerah Bugis gampang kesini karna satu line MRT. Tinggal naik MRT dari Bugis trus ambil ke arah MRT Paya Lebar. Penampakannya emang kurang oke sih. Pasar Mayestik aja masi lebi tjakep rasa gue. Tapi barang-barang di dalamnya. Uhuy punya! You girls who love Korean and Bangkok’s stuff, you should come down here. Tapi karna konsepnya wholesale mall, klo beli satuan ya rada pricey dibanding beli 3 atau 6 piece. Ajak temen-temen kamu ya sis. Eaaakkkk…

6. Mustafa Center

Biar kata orang ni tempat uda overrated. Sebodo amat, oleh-oleh coklat gue semua beli disini. Kenapa? Karna hanya Mustafa yang buka 24 jam cuy! Gue kan pelupa, biasanya beli oleh-oleh uda last minute gitu. =D Best time to visit Mustafa is around midnite to morning. Less people with great AC. Lagian gue seneng loh muter-muter disini, suka nemu barang-barang ajaib untuk traveling maupun koleksi pribadi. Contohnya nih…

*speechless*

*speechless*

7. Bugis Street Market

Biasanya kalo uda ke Mustafa, gue udah gak kesini lagi. Kecuali untuk makan duren di pasar belakangnya. Hehe… Bagi gue, tempat ini sih yang overrated. Penuh banget bok! Tapi daripada bengong di Bugis Junction, mending kesini sih. Mampir ke sex-toy shopnya. Jangan ngeliatin dari luar doang. #EH =)))

Di daerah Chinatown juga banyak street market, tapi biasanya gue lebih ke makanan daripada pakaian. Maklum ukuran XL-nya aja gak muat di akoh kakaa… *bakar-timbangan*

Seperti gue cerita diatas, slain untuk belanja gue juga suka hunting makanan enak di Sinciapo. Karna Sinciapo ini tempat bertemu banyak ras di Asia, makanan disini menurut gue enakkk banget. Walau harganya memang ga bisa dibandingin dengan harga pinggir jalan di Jakarta. Jawwwuh!

1. Bak Kut Teh Balestier

Sebagai fans daging babi hardcore seperti gue ini, haram hukumnya tiba di Sinciapo tanpa makan Bak Kut Teh (iga babi). Ini enak banget, letaknya di ION Food Opera, namanya Balestier Bak Kut Teh. *ngecap-ngecap-ngacay*

Balestier Ba Kut Teh - Food Opera, ION

Balestier Bak Kut Teh – Food Opera, ION

Sebelum belanja muter-muter, ada baiknya makan dulu. Biar kepisah kalapnya, antara makanan sama belanjaan. Hehe.

2. Murtabak Zam Zam

Sedangkan kalau uda malem dan gak tau mo makan apa. Coba deh maen ke daerah Bugis untuk makan Murtabak khas India. Letaknya pas disebrang Mesjid Jamek. Pas Fendry solat Jumat, gue nyoba Nasi Briyani mereka dan teh tariknya, astagaa enak bangettt…

Murtabak Zam Zam - Bugis, Singapore

Murtabak Zam Zam – Bugis, Singapore

Tips: Minumnya lime juice dan coba beli 1 porsi aja dulu, takutnya begah dan kekenyangan. Gue dan Fendry kalap beli 2 porsi, akhirnya makan sampe ga bisa bangun dari tempat duduk. =)))

3. Chilli Crab

Musti nyoba makanan ini minimal sekali pada saat lo ke Sinciapo. Memang harganya mahal, yah namanya juga seafood broh. Salah satu rekomendasi gue No Signboard di daerah Geylang. Yap that red district area. Eh jangan salah loh, makanan di Geylang tu enak-enak loh dengan harga bersahabat. Ya lo tau dong siapa yang sering makan disitu hehehehehe…

Tips: pesen chilli crab dan butter crab dengan seporsi mantou. Gak usah pesen nasi, dicoel aja mantounya ke saus crab-nya. Mak, foodgasm to the max!

4. Laksa

Gue antara doyan gak doyan dengan makanan ini. Tapi kalau bawa temen yang baru pertama kesini, gue pasti bawa ke jalan Katong untuk nyoba Laksa ini. Suka pada nanya yang toko Laksa mana paling enak di Katong. Honestly, i have no idea. It taste all the same for me. Yang paling terkenal si yang no 328.

5. Tian-Tian Chicken Rice

Oh i love Tian-Tian Chicken rice. Konon katanya disini selalu penuh, tapi karna biasanya gue nyarap bareng temen yang emang kerja disono, yang berarti pas weekend jadi ga pernah antri hehe… Ini letaknya di Maxwell food hawker center. Deket dengan red dot museum (gedung merah) dan Lau Pa Sat. Kalau weekend biasanya buka sebelum jam 11. Kalau kepagian bisa ngisi perut sementara dengan bubur ala cina disitu. Enak juga.

Tian Tian Chicken Rice - Singapore

Tian Tian Chicken Rice – Singapore

Udah belanja, udah makan, yuk jalan-jalan keliling Sinciapo!

1. Chinese Garden

Gue sebelumnya gak tau tempat ini. Murni hasil browsing-an si Fendry ini mah. Gue selalu pikir Chinese Garden is just a name of MRT station. Never cross my mind that actually it is a BIG garden! Di komplek taman ini, ada Japanese garden yang isinya koleksi bonsai ciamik. Sayangnya pas gue kesana lagi renovasi, jadi cuma ngintip dari luar aja. Pagoda-nya lumayan gede dan enaknya bisa diakses sampai atap. Jadi bisa liat pemandangan. Aduhh… enak banget pacaran disini kakaaa… #EH

Chinese Garden - Singapore

Chinese Garden – Singapore

2. Henderson Waves

Seperti gue bilang jalan-jalan kali ini gue serahkan pada Fendry, jadi gue manut aja deh dia mo kemana. Gue uda puas belanja soalnya. Hihihi… Nah kali ini dia nyebut Henderson Waves. Konon dia dapet dari blog orang yang rekomen tempat ini. From its name, i expect some great waves, whatever it means.

Ternyata itu adalah jembatan pejalan kaki tertinggi di Sinciapo. 66m diatas tanah dan overlooking ke arah pelabuhan. Keren sik. Tapi…gue memilih liat tempat ini dari atas cable car menuju Sentosa sih. *ditiban-Fendry* =)))

Oh well kalo lo suka piknik, duduk hore atau olahraga sore – tempat ini ciamik. Dia penghubung Mt Faber Park. Rada peer kesininya tapi klo punya 2 jam maen sebelum ke Sentosa atau Universal, this place is worth to visit. 🙂

Henderson Waves - Singapore

Henderson Waves – Singapore

3. Merlion – Marina Bay Sands – Garden By The Bay

Ini rute klasik tiap ke Sinciapo. Gue agak ogah post foto-foto ini lagi, karna pasti uda banyak yang punya hehe…

Tapi kalo mau cek hasil foto Fendry deh di http://mappariza.wordpress.com/2013/04/11/framing-singapore-march-2013/ dibanding kamera eke dan hape yg butut ini, siapalah saya dibandingkan bapak fotografer-soon-to-be-kondyang Fendry. *ehem* *pujian-ada-maunya* =)))

Sebenarnya masih banyak lagi tempat yang bisa gue kunjungi si Sinciapo, tapi save it for another trips lah. Paling ga enak klo liburan diburu-buru. Dibawa santai aja broh..namanya ada holiday, its supposed to be jolly.

Sinciapo yuk? 😉

Cheers,

Achied

6 Responses to “Menggila di Sinciapo!”

  1. cumilebay.com June 24, 2013 at 1:00 PM #

    Singapore selalu membuat rindu, berulang kali ke sana tapi tetep ngak bosen. Tapi kalo gw milih lebih senang bolak balik ke bali 🙂

    • achiedz June 26, 2013 at 12:21 AM #

      Hmm susah si memilih antara Bali dan Singapur.
      Tapi gw memilih Singapur sih. Bali semakin crowded sekarang dan sering dapet diskriminasi sebagai turis domestik. Klo gratisan dan ada tiket murah mah, hajar bleh aje. #muree

      Trims uda mampir ya. 🙂

  2. Riri sagita March 26, 2014 at 4:16 PM #

    Iseng2 baca blog lo chied *ketauan kerjaan gak jelas ini mah..hahaha*… Henderson waves cantik pas malam. Gue berjanji (sama diri sendiri) akan kesini lagi ketika malam.. Hahahaha

    • achiedz May 19, 2014 at 6:46 PM #

      Eneng. Gue baru bacak!
      Huahahahah… maaf!

      Sebenarnya sih cantik tapi effortnyaaaaa… huft!
      Gue yg penasaran lagi mo ke Macritchie Singapore lagi kemarin cuma bentar. Dan Pulau Ubin, ya ampun gagal melulu kesonoooo..! Yuk mareee…

      trims ya neng kaka uda nyampe! :*

Trackbacks/Pingbacks

  1. One of the best trips: #KambojaYuk | Fakir Liburan - June 9, 2013

    […] Menggila di Sinciapo […]

  2. TRAVELoscope: 2013 | Fakir Liburan - December 30, 2013

    […] Menggila di Sinciapo […]

Leave a Reply

